Friday, February 27, 2015

CUPAK GURANTANG

CUPAK GURANTANG

        Setiap orang pasti memiliki tokoh inspirasi dalam hidupnya, baik itu inspirasi dalam menggapi cita-cita, perilaku, kepemimpinan, dan lain sebagainya. Tokoh-tokoh tersebut bisa kita dapatkan dari lingkungan sekitar, melalui buku-buku, televise, maupun cerita – cerita rakyat. Dari informasi yang kita peroleh melalui indra penglihatan, pendengaran inilah yang kemudian akan dicerna oleh kemampuan berpikir sehingga menjadi acuan dalam menjalani setiap kehidupannya.


        Masyarakat Adat juga memiliki salah satu cerita rakyat yang dipentaskan dalam sebuah kesenian tradisional yang dinamakan dengan Cupak Gurantang. Cupak Gurantang ini menceritakan tentang sebuah kerajaan yang ada di Lombok tentang perjalanan kehidupan seorang anak raja (putri) yang curi oleh Raksasa (pemangsa manusia) untuk dijadikan sebagai isterinya, sehingga Raja mengadakan saimbara yang menyatakan bahwa, siapapun yang bisa menyelamatkan Putri Raja dari genggaman Raksasa tersebut maka dia bisa menikahi sang Putri atau sebagai menantu Raja, yang pada akhirnya diselamatkan oleh seorang pemuda tampan yang bernama Raden Gurantang.

        Dalam tulisan ini saya akan memaparkan bagaimana kehidupan dan karakter para tokoh-tokoh yang ada dalam cerita tersebut.

1.    Raden Gurantang, adalah tokoh utama dalam kisah cerita rakyat dalam Cupak Gurantang. Raden Gurantang memiliki karakter yang sangat baik, menghormati orang yang lebih tua yaitu kakaknya Raden Cupak, tangguh dan perkasa, kehidupannya sangat sederhana yaitu selalu berkelana bersama kakaknya.

2.    Raden Cupak, merupakan kakak dari Raden Gurantang. Karakternya adalah seorang yang banyak akal picik, pembohong, mau menang sendiri, selalu memanfaatkan adiknya untuk memuaskan segala kemaunnya, rakus,  malas.

3.    Dewi Sekar Nitra, adalah anak perempuan Raja yang memiliki wajah sangat cantik. Karakternya yaitu perempuan yang lembut, sopan.

4.    Inaq Kasian, adalah seorang isteri yang memiliki rasa kasihan yang tinggi antara sesame Manusia

5.    Amaq Kasian merupakan seorang suami dari Inaq Kasian, wataknya juga sangat baik, memiliki rasa kasian (iba)

6.    Datu Daha, yaitu seorang pemimpin dari Kerajaan Budha Daha yang terletak di Bayan Barat, dan sekarang sudah menjadi Desa Senaru. Wataknya sangat baik dan bijaksana dalam memimpin kerajaannya.

7.    Dewi Nata Daha, merupakan isteri Raja yang setia, dan juga sebagai seorang ibu dari Putri Dewi Sekar Nitra yang sangat sayang kepada Putri satu-satunya

8.    Patih Mangku Bumi adalah pengawal  Raja datu Daha, yang memiliki karakter sangat setia dan patuh kepada semua perintah Raja

9.    Patih Mangku Negara, adalah kaki tangan Raja yang sangat pemberani sama seperti halnya Patih Mangku Bumi.

10.    Inan Bangkol, yaitu seorang isteri dari Aman bangkol, yang tidak memiliki keturunan, tinggalnya ditempat terpencil, memiliki karakter yang belas kasih, kehidupannya sederhana yaitu sebagai seorang petani. Inan Bangkol dan Aman Bangkol ini merupakan orang tua angkat dari Raden Gurantang.

11.    Aman Bangkol, adalah suami dari Inan Bangkol. Memiliki karakter yang sangat setia kepada Isterinya Inan Bangkol.

12.    Raksasa, merupakan bangsa (Ganadawa/Genruwo) yang tinggal di hutan dan pemangsa manusia.

1 comment: