Tuesday, June 7, 2016

Paket Wisata Lebaran Tinggi


Masjid Kuno Bayan
Paket Wisata Lebaran Tinggi

Hari raya Idul Fitri dilaksanakan pada hari yang berbeda dibandingkan pada umumnya. Satu sawal dalam masyarakat adat pada tahun 2016 ini jatuh pada hari minggu tanggal 10 Juli 2016. Tempat pelaksanaan di Kampu Karang Bajo, Bayan – Lombok Utara, sedangkan untuk iid (sholat hari raya) juga hanya dilakukan oleh Kyai Adat saja di Masjid Kuno Bayan.


Pelaksanaan Idul Fitri secara adat disebut juga dengan Lebaran Tinggi, Lebaran Tinggi dilaksanakan selama 2 hari, hari pertama adalah sabtu tangga 09 Juli 2016 disebut dengan hari Kayu Aiq/hari persiapan, dan hari kedua adalah minggu, 10 Juli 2016 yang disebut dengan Gawe/puncak acara.

Kunjungan Tamu
Atas dasar pelaksanaannya yang selama 2 hari inilah sehingga kami memprogramkan paket wisata budayanya selama 3 (tiga) hari dan 2 (dua) malam.

1.    Pada hari sabtu tanggal 09 Juli 2016 siang, Anda tiba di Sebaya Tanta Karang Bajo - Bayan. Setibanya Anda di Sebaya Tanta akan dijamu dengan makan siang sambil kami menceritakan sekilas tentang ritual Lebaran Tinggi. Setelah makan siang kami akan membawa Anda ke lokasi penginapan Rumah Adat Bayan dan menyiapkan pakaian ganti (pakaian adat) dan langsung kita kelokasi untuk melihat bagaimana acara Kayu Aiq (persiapan) yang dilakukan dalam acara Lebaran Tinggi. Acara persiapan ini akan berakhir sekitar jam 22.00 Wita, sehingga kita akan makan malam dilokasi. Setelah acara selesai dihari pertama Anda bisa istirahat di Penginapan yang lokasi sangat dekat dengan tempat ritual adatnya.

2.   
Tamu Di Lokasi Ritual
Hari yang kedua, yaitu Minggu tanggal 10 Juli 2016, kami akan membawa Anda kembali kelokasi setelah sarapan. Dilokasi akan menikmati snek selama dua kali, makan siang dan makam malam. Puncak acara Lebaran Tinggi ini biasanya akan berakhir sekitar jam 22.30 wita, oleh sebab itu Anda akan kami bawa kembali kepenginapan. 

3.    Pada hari Senin tangga 11 Juli 2016, setelah sarapan Anda bisa meninggalkan lokasi Kami atau melanjutkan agenda selanjutnya.

Biaya Paket Wisata Ritual Lebaran Tinggi (Idul Fitri Adat) yaitu sebesar Rp. 950.000,- (Sembilan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) Per-orang.
Penginapan Rumah Adat

Akomodasi
1. Air mineral Selama dilokasi
2. Penginapan (Rumah Adat Bayan)
3. Tiket masuk objek wisata
4. Guide Local
5. Dokumentasi
6. Makan 6 kali (hari pertama 2 kali, hari kedua 3 kali, hari terakhir 1 kali)
7. Pakaian ganti (Baju Adat) untuk ikut ritual Lebaran Tinggi

Toilet
Tempat Tidur

No comments:

Post a Comment