Friday, June 17, 2016

Paket Festival Budaya

Lokasi Pestival
Festival yang akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu kamis dan jumat (14 s/s 15 Juli 2016) di Labuhan Carik Bayan, Kabupaten Lombok Uatara,  mengangkat tema Pestival Bambu. Peran bamboo sangat erat hubungannya dengan Masyarakat Adat Bayan dalam setiap kehidupan seperti untuk kebutuhan rumah tangga, dalam setiap ritual adat, pertanian, permainan, dan kesenian.
 
Bambu merupakan bahan dari alam yang ramah lingkungan, lebih cepat berkembang, dan tentuya ramah lingkungan. Bambu Laminasi sekarang bisa difungsikan untuk bahan bangunan pengganti kayu. Sehingga dari Pestival Bambu ini diharapkan Masyarakat Luas memiliki pengetahuan baru dan juga bisa melestarikan bamboo sebagai bahan bangunan dan untuk kebutuhan lainnya.


Gegerok Tandak
Kesenian dan atraksi yang akan dipentaskan berasal dari Masyarakat Adat Bayan dari 6 Desa. Atraksi dan keseniannya adalah, cungklik, genggong, minangin, memaca/bepaosan (baca lontar), gendang beleq, Gegerok Tandak, tari dewa, Cupak Gurantang, tari angin halus, dan wayang kulit. 

Cupak Gurantang
Bagi Anda yang ingin menyaksikan Pestival Tersebut dan juga mengetahui bagaimana kehidupan masyarakat adat Bayan, maka kami akan buatkan Paket Wisatanya.

1. Pada hari Kamis siang (14 Juli 2016), Anda tiba di “Balai Pusaka Sebaya Tanta” Karang Bajo – Bayan sekitar jam 11. Setelah itu kami akan menganjak Anda menuju lokasi Penginapan Rumah Adat untuk istrahat dan menyimpan barang – barang bawaan dan makan siang. Sekitar jam 2  kita akan kumpul lagi di Balai Pusaka Sebaya Tanta untuk menuju lokasi pestival di Labuhan Carik dengan transportasi local yang kami siapkan, jarakanya sekitar 5 Km, dan waktu perjalanan selama 5 menit. Dalam perjalanan kami akan menjelaskan tentang gambaran Pestival Bambu tersebut. Dilokasi Anda akan menikmati pemandangan pantai, dan atraksi seni yang ditampilkan oleh Masyarakat Adat Bayan. Karena acara pestival sampai jam 21.00 waktu setempat, maka kita akan malam dilokasi Pestival, baru setelah itu kita kembali kelokasi penginapan.
Sebaya Tanta


    2. Hari yang kedua, jumat, 15 Juli 2016, setekah sarapan Anda akan kami ajak untuk mengunjungi dua Air Terjun, yaitu Sindang Gila dan Tiu Kelep di Senaru. Kita akan makan siang di Senaru, baru setelah itu sekitar jam 14.00 waktu setempat kita kembali lai kepenginapan untuk istrahat dang anti pakaian. Sekitar pukul 15.30, kami akan mengajak Anda untuk kembali menyaksikan acara Pestival sampai jam 21.00, baru setelah itu kita kembali lagi kelokasi penginapan.
  
   
Tiu Kelep
3. Pada hari yang ketiga, sabtu, 16 Juli 2016 setelah sarapan, Anda kami ajak untuk menikmati udara segara disekitar lokasi penginapan yaitu menikmati pemandangan sawah dari Masjid Kuno Bayan sebagai bukti sejarah masuknya Islam pada masa lampau, baru setelah itu bisa melanjutkan perjalanan atau agenda lain.

Biaya Paket Wisata Pestival Budaya yaitu sebesar Rp. 1.150.000,- (Satu Juta Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah) Per-orang.
Masjid Kuno Bayan

1.      Akomodasi
2.      Air mineral Selama dilokasi
3.      Penginapan (Rumah Adat Bayan)
4.      Tiket masuk objek wisata
5.      Guide Local
6.      Dokumentasi
7.      Makan 6 kali (hari pertama 2 kali, hari kedua 3 kali, 1 kali)
8.      Transportasi Lokal
Penginapan Rumah Adat

Tempat Tidur

Toilet

No comments:

Post a Comment