Wednesday, June 22, 2016

Paket Wisata Lebaran Ketupat 2016



Seperti kita sebagai umat Muslim pada umumnya akan selalu merayakan lebaran ketupat seminggu setelah lebaran Idul Fitri, begitu juga Masyarakat Adat yang ada di Bayan melaksanakan Lebaran Ketupat secara Adat seminggu setelah Idul Fitri Adat, yaitu tanggal 17 Juli 2016. Tempat untuk pelaksanaan Lebaran Topat (Lebaran Ketupat) ini adalah di Kampu Karang Bajo untuk Kepembekelan Karang Bajo.

Pada Ritual Lebaran Topat (Ketupat) Masyarakat akan datang sendiri ke
Kampu untuk ikut serta dalam ritual untuk melaksanakan Lebaran Topat tersebut bersama para tokoh adat
Penginapan Rumah Adat
(Pemangku), dan tokoh agama (Kyai Adat). Pada prosesi ini juga dibuatkan ketupat sebagai bahan makanan pada puncak acara.

Balai Pusaka Sebaya Tanta
Bagi Anda yang ingin menyaksikan atau terlibat langsung dalam acara perayaan Lebaran Ketupat secara Adat Bayan, yang dilaksanakan oleh Komunitas Adat Kepembekelan Karang Bajo, maka kami menawarkan pada Anda Paket Wisata Budaya untuk acara Lebaran Topat sebesar Rp. 600.000,- (Enam Ratus Ribu Rupiah) / Orang.

1.      Hari Sabtu sore sekitar jam 16.00 Wita, tanggal 16 Juli 2016 Anda tiba di Balai Pusaka Sebaya Tanta, Karang Bajo, Desa Karang Bajo, Kecamatan Bayan, Lombok Utara-NTB. Di Sebaya Tanta aka nada
Tempat Tidur
sedikit acara penyambutan dan penjelasan sedikit tantang Kampung Adat Karang Bajo serta sekilas tentang pelaksanaan Ritual Lebaran Topat secara adat. Baru setelah itu Anda kami bawa kelokasi penginapan Rumah Adat yang ada disekitar Sebaya Tanta dan juga dekat lokasi Ritual Adatnya. Sekitar jam 18.00 – 19.00 Anda  menikmati makan malam dengan menu khas Masyarakat Adat di berugak saka enam yang merupakan cirri khas tempat penerimaan tamu dan juga sebagai tempat makan bersama pada puncak acara Masyarakat Adat Bayan, setelah makan malam dan mengganti busana dengan pakaian adat, maka kita langsung ketempat lokasi ritualnya untuk melihat bagaimana persiapan dari Ritual Lebaran Topat Adat.
Masjid Kuno Bayan

2.      Hari kedua yaitu minggu pagi, tanggal 17 Juli 2016 kita kembali kelokasi setelah sarapan dan dengan pakaian adat, karena itu harus kita lakukan untuk bisa terlibat dalam acara. Untuk makan siang akan dihidangkan menu acara yaitu, makanan ketupat pada saat Lebaran Topat. Sore hari maka Anda bisa melanjutkan agenda lain atau melanjutkan perjalanan.
Toilet

1 comment:

  1. I'm interested in this tour.
    I stay sengigi at Juli 15,2016.
    Can I join this tour?

    My email address is 'miho.noahscafe@gmail.com'

    If you can,please send email for me.

    Thanks

    ReplyDelete