Sunday, March 8, 2015

KEGIATAN PEMUDA ADAT

Kegiatan Tenun
KELOMPOK PRANATA DAN PRANITI
       
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini, maka tuntutan terhadap keterampilan sumber daya manusia tentunya merupakan sesuatu yang tidak ditawar.
Semua ini juga menjadi pemikiran kami sebagai pemuda/pemudi dan masyarakat untuk bisa menciptakan salah satu kegiatan Ekonomi yang kreatif serta mampu berorentasi pada pengetahuan keterampilan dan pembinaan ekonomi masyarakat yang mandiri.


        Oleh sebab itu, kami dari kelompok Pemuda Pranata dan Praniti keterampilan ingin menciptakan langkah – langkah yang bias dijadikan sebagai contoh untuk pemuda (Pranata dan Praniti Adat) dan masyarakat. Kuatnya kelembagaan kelompok yang didukung oleh seluruh anggota merupakan indikasi keberhasilan suatu kelompok Usaha Pemuda yang terprospek pasarannya, Kebutuhan masyarakat pentingnya lapangan kerja yang diimbangi pula dengan kesadaran pemuda (Pranata dan Praniti Adat) dan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat adat.

        Potensi yang dinilai  dimasyarakat, bila dikembangkan  dengan kondisi pada saat ini tentu akan mampu membawa perubahan positif, baik terhadap diri sendiri maupun lingkungannya. Diantaranya dengan menjadikan Daerah Keterampilan Usaha Pemuda Produktif dengan daya tarik kebudayaan membentuk, Kelompok usaha Kreatif Pemuda Pranata dan Praniti  Adat dan Masyarakat Adat untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.adat sebagai berikut :

•    Praniti:  Keterampilan lainnya seperti: Membuat Kain Abang,poleng, Lipaq, selendang     dan sebagian juga kelompok membuat baju, rok, Tas dan juga aksesoris seperti gelang, kalung dan gantungan kunci.

•    Pranata: Miniatur, Masjid Kuno, Berugak, Lumbung (geleng) setiap Anggota memiliki Bakat/Ide masing-masing, dananggota yang lain ada yang memotong bahan berdasarkan ukuran, ada yang memasang kerangka yang dibuat dan ada menyiapkan parit dan Anyam-Anyaman.


No comments:

Post a Comment