Friday, March 27, 2015

DESKRIPSI BLOG

DESKRIPSI BLOG

        Masyarakat Adat memiliki kesan yang tidak baik dalam kehidupan modern ini, dimana kesannya Masyarakat Adat itu kotor, tidak berpendidikan, miskin, terbelakang, dan kumuh. Hal ini muncul dari beberapa pendapat yang melihat dari pandangan sekilas mereka, yang dilihat hanya dari cara berpakaian, prilaku konsumsinya, kesederhanaan, tidak mudah terpengaruh oleh budaya baru yang masuk, dan bentuk rumah yang ditempati. Orang-orang tidak menggali lebih jauh sebab dan baigaimana semua itu dilakukan masih tetap dilakukan oleh Masyarakat Adat.


        Alat-alat yang digunakan oleh Masyarakat dalam kehidupannya sangat sederhana, baik itu alat dapur maupun dalam pengolahan lahan pertanian, semua alatnya alami tidak menggunakan bahan industry. Rumah yang mereka tempati memiliki ukuran dan bentuk yang sudah ditentukan dengan oleh para orang tua terdahulu yaitu, ukurannya 7 m X 7 m, dan bahannya dari alam. Setiap Masyarakat Adat tidak boleh menyombongkan diri dengan pengetahuan dan kemampuan yang mereka miliki, tetapi tidak untuk disembunyikan. Dari keterangan diatas dapat kita simpulkan bahwa Masyarakat Adat sangat menghargai sesama Manusia, alam, dan anti untuk memperlihatkan perbedaan yang ada, sehingga kearifan local ini mampu memberikan kenyamanan dalam pergaulan, alam terjaga dengan baik, tanpa adanya bahan kimia dalam kehidupan karena mengunakan bahan organic.

        Situs ini Saya buat bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kearifan local yang ada di Masyarakat Adat, sehingga mampu memberikan refrensi sebagai bahan perbandingan dengan setiap perubahan dan perkembangan jaman pada saat ini. Dimana setiap perubahan yang dianggap baik akan membawa dampak negative juga, baik itu dalam prilaku Masyarakat maupun pada perubahan alam yang semakin panas seperti yang kita rasakan saat sekarang ini.

No comments:

Post a Comment