Thursday, February 16, 2023

KOK BISA YA PULAU INI BEGITU SPESIAL

                  

Alasan mengapa salah satu tempat ini begitu special tentu terdapat banyak hal yang menjadi factor pendukung. Alam yang indah dengan pantai dan pegunungan, serta budaya masyarakatnya juga sangat menakjubkan. Meskipun tergolong pulau kecil, tetapi tempat ini memiliki gunung merapi yang masuk salah satu gunung tertinggi di Indonesia.

                Lombok dalam beberapa decade ini sudah menjadi sorotan dunia, keberadaan Gili-gili sebagai obyek wisata yang begitu menarik orang dari seluruh penjuru dunia untuk datang salah satu bagian yang membuat Lombok begitu terkenal adalaha Gili Trawangan.

Gunung –gunung menjulang tinggi, Rinjani dengan sejuta keindahan karena terdapatnya danau Segara Anak yang ikut memanjakan mata setiap yang datang, saat ini seluruh dunia menyorotinya. Sejarah Samalas yang begitu berdampak terhadap alam diseluruh penjuru dunia, kelestariannya yang menjadikan sebagai Daya bagi masyarakat disekitarnya, sehingga sekarang menjadai area yang begitu special dalam Geo Park Dunia.

Tidak cukup sampai disitu, keberadaan Masyarakat dengan berbagai karakter budaya juga masih menjadi salah satu factor pendukung utama. Masyarakat lokal yang menjaga alam berdasarkan tatanan yang diterima dari para tetua serta masih dijalankan sampai sekarang  ini, sehingga alamnya masih terjaga dengan baik. Awik-awik ditaati, walaupun itu tidak tertulis.


Pranata Adat selalu menjalankan tugasnya disetiap jalur pendakian gunung seperti di Sembalun dengan keberadaan Amaq Lokaq Sajang, jalur Torean dengan Amaq Lokaq Toreannya, dan jalur Senaru dengan Amaq Lokaq Senarunya. Ketiga Amaq Lokaq ini berada dalam system keperintahan Hukum Adat Bayan yang tersebar di bagian utara Rinjani.

Atraksi kebudayaan sangatlah banyak, sebagai salah satu yang dianggap pulau pedas karena namanya Lombok, terdapat atraksinya yang begitu menantang dengan Peresean yang ada diseluruh wilayah kabupaten dan kotanya.

Trdaisi perkawinan secara adat dengan karakter perbedaan di berbagai wilayah, tentu ini sangat memberikan kesan tentang arti sebuah budaya yang begitu konsisten. Perkawinan disetiap pesta menyatu 2 keluarga ini banyak melibatkan alat music khas Lombok  salah satunya Gendang Beleq.

Ritual Adat seperti Maulid, Lebaran Tinggi, Lebaran Pendek, serta Ritual –ritual kecilnya lainnya masih menjadi tradisi tahunan. Setidaknya terdapat ada sekitar 7 upacara adat yang dilakukan dengan mengikuti kalender lokal setiap tahunnya.

Kecil dan mungil sebagai salah satu pulau yang menakjubkan, saat ini menjadi sebuah kota dan 4 wilayah kepemerintahan kabupaten, yaitu Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengan, Lombok Timur, dan Lombok Utara.

Beberapa puluh tahun yang lalu, setiap orang yang datang dari luar negeri atau wisatawan asing ke Lombok harus melewati Bali terlebih dahulu, dan sekarang tidak perlu lagi. Keberadaan Bandara Internasional Lombok menjadi factor utama juga sehingga Lombok dengan berbagai kemewahannya bisa dikenal oleh orang dari berbagai penjuru dunia.

Kesempurnaan Pulau Seribu Masjid semakin  menggema setelah berdirinya Islamic Center yang ada dipusat Kota Mataram. Kemegahan yang dimiliki mampu menjadikannya sebagai salah satu tempat event perlobaan MTQ tingkat nasional.

Tidak hanya pada beberapa factor diatas, Mandalika hadir untuk jalan motor tercepat yang menjadi ajang olahraga dunia dengan Moto GP. Berbagai balapan sudah dilaksanakan di Rice yang baru saja selesai dibanguun pada awal tahun 2022, yang kemudian dipertengan sampai akhir tahun dijadikan tempat balapan dunia.

Alam yang indah, Gunung, Pesisir Pantai mengelilingi, Budaya yang menjaga alam dan social masyarakat, Islmaic Center, Bandara Internasional Lombok, Rice GP Mandalika, dan factor lainnya inilah yang menjadikan Lombok sebagai salah satu sorotan dunia yang membautnya menjadi sangat special.

No comments:

Post a Comment