Tuesday, May 12, 2015

KESENIAN GAMBUS

Gambus Keser Daya Bersinar Pemenang
KESENIAN GAMBUS

        Gambus merupakan salah satu kesenian tradisional daerah Sasak yang sampai saat ini masih ada dan tetap terpelihara, salah satunya yaitu Gambus Keser Daya Bersinar yang ada di Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.

        Kesenian Gambus memiliki banyak pituah yang
disampaikan dalam setiap sair lagunya. Dimana dalam sair-sair tersebut banyak menyampaikan tentang kehidupan Masyarakat Sasak pada kesehariannya, baik itu dalam hubungan keluarga, bermasyarakat, maupun tentang pendidikan dan kesehatan.

       
Sehingga kesenian ini yang menjadi salah satu media penyampaian yang sangat efektif dalam kehidupan Masyarakat. Hal inilah yang digunakan oleh Dinas Kesehatan Lombok Utara untuk menyampaiakan program penyuluhan kesehatan tentang rumah sehat yang harus memiliki kamar kecil atau jamban sebagai tempat untuk membuang air besar (BAB).

        Penyuluhan sekaligus kesenian gambus ini dilakukan di salah satu dusun yang ada di Desa Karang Bajo, yaitu Dusun Dasan Baro. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Puskesmas Senaru (Subardi), bahwa penyuluhan ini difokuskan pada Desa –Desa  siaga aktif, salah satunya yaitu Desa Karang Bajo, Kecamatan Bayan-KLU.

       
Kep. Puskesmas, Kades & Pim. Gambus
Dengan adanya penyuluhan seperti ini, pemerintah Desa Karang Bajo (Kertamalip) sangat mendukung, hal ini ditunjukan dengan hadirnya beliau pada saat acara penyuluhan diadakan yaitu, hari selasa malam, tanggal 12, bulan mei, tahun 2015.

        Kesenian tradisional gambus juga memberikan banyak tawa dengan gaya-gaya para pemainnya yang humoris, sehingga memberikan rasa senang dan kebahagiaan bagi para penggemarnya yang hadir.

         
Jika kita melihat dengan perkembangan zaman dan kesenian yang ada, justru banyak sekali tontonan yang tidak bisa dijadikan sebagai tuntunan bagi generasi penerus kita. Seperti ada tayangan-tayangan yang ada di televise justru membuat banyak generasi muda yang selalu ingin menjadi lebih dewasa tanpa ada kesesuain umur.

       
Kita berharap, kedepannya kesenian tradisional seperti ini akan banyak memberikan filter bagi generasi kita, lebih –lebih Lombok Utara merupakan ikon pariwisata mancanegara dengan panoramanya yang indah, seperti Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air, Taman Nasional Gunung Rinjani, Air Terjun, bahkan pariwisata budaya sudah mendatangkan banyak turis dari mancanegara dan local.

No comments:

Post a Comment