Wednesday, May 27, 2015

PAKET WISATA (ROAH ULAN), 26 MEI 2016

Renadi, S. Pd (Penanggungjawab Program)
PAKET WISATA TANGGAL 26 MEI 2016
        Pada hari Kamis, tanggal 26 bulan Mei, tahun 2016, bertepatan dengan tanggal 15 Sya,ban menurut Wariga Sereat Adat Bayan merupakan hari pelaksanaan ritual Roah Ulan pada komunitas Adat Bayan. Pada prosesi Roah Ulan dilaksanakan dalam areal Kampu Karang Bajo bagi Kepembekelan Karang Bajo.

        Prosesi atau Ritual Roah Ulan merupakan
suatu rangkaian acara yang dilaksanakan oleh Masyarakat Adat Bayan untuk membersihkan 11 (sebelas) bulan yang telah dilewati atau dilalui sebelum masuk pada bulan Puasa atau Ramadhan. Hal ini diyakini oleh Masyarakat untuk menyambut datangnya bulan puasa, sehingga hati dan perbuatan kita dalam keadaan bersih dan suci dalam melaksanakan ibadah puasa.
        Bagi anda atau siapa saja yang ingin mengikuti prosesi tersebut akan kami dampingi dan akan kami persiapkan segala sesuatunya terkait dengan segala kebutuhan anda selama prosesi berlangsung, untuk itu kami membuatkan rincian biaya sebagai berikut :

Keterangan 2 s/d 3 Org 4 s/d 6 Org 7 / Lebih
Antar Jemput Bandara 750.000/Org 600.000/Org 500.000/Org
Penginapan 200.000/Org 175.000/Org 150.000/Org
Konsumsi 4 Kali Makan
3 Kali Snek dan Kopi/Teh
200.000/Org 180.000/Org 165.000/Org
Pakaian Ganti (Baju Adat 35.000/Org 30.000/Org 25.000/Org

Strategi/alur kegiatan :

        Pada hari Rabu tanggal 25 Mei 2016 tim kami akan menjemput anda dari Bandara Internasional Lombok (BIL) untuk menuju Kmapung Adat Karang Bajo, Di Kampung Adat ini akan kami tawarkan anda untuk memilih tempat menginap, yaitu di Rumah Adat yang ada disekitar lokasi acara atau dipenginapan lainnya.

        Setelah Anda menentukan pilihan tempat menginap akan kami suguhkan makanan lokal sambil kami menceritakan sekilas tentang ritual Roah Ulan tersebut. Jika makan malam sudah selesai maka Anda bisa beristirahat (tidur).

        Dihari Kamis tanggal 26 Mei 2016, kami akan menyiapkan sarapan dilokasi penginapan, baru setelah itu kita akan mengganti pakaian dengan busana adat (syarat untuk bisa ikut prosesi adat/roah ulan), dan kita akan mengunjungi atau terlibat langsung melihat bagaimana prosesi Roah Ulan yang dilaksanakan oleh Komunitas Masyarakat Adat Kepembekelan Karang Bajo sampai selesai.

        Pada siang hari kita akan menikmati makan siang dilokasi acara, dan pada sore hari kita akan menikmati makan bersama dengan masyarakat adat beserta menu makanan yang dibuat untuk prosei adat Roah Ualan tersebut. Pada saat ini Anda akan merasakan menjadi Masyarakat Adat seutuhnya karena dapat beriteraksi langsung dengan masyarakat dan para tokoh serta pejabat adat (Pemangku).

        Jika Anda berasal dari sekitar pulau lombok, artinya kami tidak perlu menjemput anda dari Bandara maka Anda tiodak dikenakan biaya antar jemput Bandara, begitu pula dengan biaya paket yang lain-lain jika Anda bisa menyiapkan sendiri maka itu tidak kami bebankan. Yang perlu anda keluarkan hanyalah biaya pada bagian yang harus kami persiapkan, dan informasi ini bisa kami pertanggungjawabkan karena ini merupakan kegiatan dari Lembaga Masyarakat Adat yang sudah memiliki Badan Hukum (Akta Notaris).
      
Untuk Info Lebih Lanjut Anda Bisa Menghubungi Email jetsbudaya@gmail.com atau di Nomor HP. +62819 1790 1440

No comments:

Post a Comment