Saturday, October 8, 2016

Paket Wisata Maulid Adat Bayan 2016

Menutu
Bayan merupakan salah satu Komunitas Adat yang masih melaksanakan segala bentuk Ritual yang diwariskan oleh para leluhur Mereka, salah satunya adalah Ritual Maulid Adat. Pada tahun 2016 ini pelaksanaanya yaitu pada tanggal 14-15 Desember 2016. Lokasi ritual adalah di Desa Karang Bajo, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.



Mulud Adat Bayan merupakan suatu ritual perayaan yang dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk penghormatan masyarakat adat terhadap Nabi Muhammad S.A.W dalam pelaksanaannya dilaksanakan selama dua hari, yang pertama di sebut “Kayu Aiq” dan yang kedua disebut “Gawe”.



Masjid Kuno Bayan
Kayu Aiq merupkan hari pertama dalam prosesi Mulud Adat Bayan, dimana pada hari ini masyarakat adat berbondong-bondong berdatangan ke Kampu untuk membawa bahan makanan yang berupa padi, kelapa, ketan, buah-buahan, dan beberapa ternak.

Sejak dari pagi hari sampai malam, masyarakat adat Bayan berdatangan menuju “Kampu” yaitu suatu tempat yang di tuju untuk menyerahkan sebagaian sumber penghasilannya dari hasil bumi beserta “Batun Dupa” (uang) dan menyatakan Nazarnya kepada “Inan Meniq, yaitu seorang perempuan yang menerima hasil bumi dari para warga adat yang nantinya akan diolah dan di sajikan untuk dihaturkan kepada Ulama dan tokoh Adat Sasak Bayan di keesokan hari pada hari kedua (puncak acara) Mulud Adat, hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur warga atas penghasilnnya, kemudian Inan Meniq memberikan tanda di dahi warga adat dengan “mamaq” dari sirih sebagai ritual penandaan anak (kauman) adat yang disebut “Menyembeq”.

Penginapan Rumah Adat
Pada hari Kayu Aiq ini, ada beberpa prosesi yang dilaksanakan yaitu ;Balen Unggun, Bisok Rantok, Ngalu Gerantung, Menutu, Tunggul, Penjemputan Gong, Buang Unggun, Ngengelat dan Pemasangan Umbul-Umbul, dan juga yang paling menarik cara terakhir dihari pertama adalah Perisean.



Hari yang kedua adalah "gawe", pada hari ini ada beberapa macam prosesi yang dilakukan yaitu ; Menyembelih ternak, Bisok Menik, Pengaluan Payung Agung, Ancak, Mengagek, Praja Mulud, Bisok Berugak Agung, Majang, Memblonyo, Meriap, dan yang terakhir adalah Melusut. 

Penginapan Rumah Adat
Untuk memudahkan Anda menyaksikan secara langsung bagaimana cara Masyarakat Adat Memperingati Kelahiran Nabi Muhammad Saw sehingga kami buatkan Paket Wisatanya lengkap dengan Nuansa Penginapan Rumah Adat yang di Kawasan Ritual. Biaya yang Anda siapkan hanya Rp. 750.000,- (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), untuk dua hari dua malam.

Akomodasi yang Kami siapkan :
     

1. Air mineral selama dilokasi
2. Penginapan (Rumah Adat Bayan), 2 malam
3. Tiket masuk objek wisata
4. Guide Local
5. Dokumentasi
6. Makan 6 kali (hari pertama 2 kali, hari kedua 3 kali, dan hari ketiga 1 kali)
7. Pakaian ganti (Baju Adat) untuk ikut ritual maulid adat
8. Snek
Tempat Tidur

Pada hari rabu siang, 14 Desember 2016 Anda tiba di Sebaya Tanta dan dilanjutkan dengan makan siang sambil Kami menjelaskan sekilas tentang Prosesi Maulid Adat dan juga kami akan memberikan catatan tentang rangkain dari kegiatan ritualnya. Setelah makan siang Anda bisa istirahat kurang lebih sekitar 1 jam, baru sekitar jam 15.00 waktu setempat kita langsung kelokasi untuk melihat prosesinya sampai malam pada acara terakhir yaitu perisean. Untuk makan malam kita dilokasi penginapan karena jaraknya dekat lokasi ritual.

Pada hari yang kedua yaitu kamis, 15 Desember 2016 Anda kembali kami ajak kelokasi acara setelah sarapan. Makan siang dan makan malam tetapdilokasi penginapan. Acara dihari kedua akan berakhir sekitar jam 22.00, sehingga Anda harus tetap menginap lagi.

Pada hari jumat, 16 Desember 2016 Anda bisa meninggalkan lokasi dan melanjutkan agenda Anda setelah sarapan.

Kami tunggu informasi dari Anda yang berminat secepatnya, karena jumlah tamu yang ikut untuk menyaksikan ritual akan kami sampaikan kepada para tokoh adat sehingga tujuan dan informasi yang akan kami berikan bisa lengkap.
Toilet




No comments:

Post a Comment