Thursday, September 1, 2016

Paket Wisata Qhitan Adat Bayan



PAKET RITUAL QHITAN ADAT BAYAN

Masayarakat Adat yang ada di Bayan, Kabupaten Lombok Utara pada zaman terdahulu pernah pernah dikuasai oleh Kerajaan Karang Asem, Bali. Walaupun sebelumnya Islam sudah masuk di Bayan, dengan kekuasaan Kerajaan dari Bali tersebut juga menyebarkan agama hindu, sehingga menimbulkan ada bentuk perubahan tradisi yang baru pada Masyarakat Bayan.

Qhitan (sunat) yang dilakukan oleh Masyarakat Bayan secara adat memiliki keunikan yang sangat luar biasa, dimana dalam pelaksanaanya melibatkan para pejabat adat atau pemengku. Hari pelaksanaanya sudah ditentukan yaitu hanya pada hari senin untuk Kepembekelan Karang Bajo, dan hari kamis untuk Kepembekelan Loloan dan Bayan. Bulan pelaksanaan juga hanya pada bulan-bulan tertentu.


Nyembeq
Jika kita melihat bagaimana prosesinya secara adat ini tentunya sangat memberikan informasi budaya yang luar biasa, oleh karena itu kami memberikan kemudahan untuk anda yang ingin melihat langsung ritual Qhitanan atau Sunatan yang dilaksanakan secara adat. Lokasi acara tersebut adalah di Dusun Dasan Baro, Desa Karang Bajo, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat-Indonesia. Untuk melihat penjelasan tentang prosesinya Anda bisa buka di http://jetsbudaya.blogspot.co.id/2015/05/kitan-nyunat.html

Bisoq Meniq
Karena pelaksanaan ritual selama 2 (dua) hari 1 (satu) malam, berikut paket wisata yang kami siapkan:

1.     Pada hari minggu siang, tanggal 18 September 2016 Anda tiba di Kampung Adat Karang Bajo (Sebaya Tanta) sekitar jam 18 siang, dan selanjutnya Anda bisa mandi dan sebagainya kemudian makan siang sembari kami memberikan gambaran sekilas tentang bagaimana acara Qhitanan secara adat. Sekitar jam 14.00 kita langsung menuju lokasi ritual dengan menggunakan transportasi local yang sudah kami siapkan, jaraknya sekitar 1 Km dari penginapan. Ditempat prosesi Qhitan ada banyak hal yang bisa kita lihat atau saksikan, dan tentunya sangat lebih baik jika Anda menyiapkan alat dokumentasi sebagai bukti dari perjalanan yang telah Anda lakukan. Kita akan kembali kepenginapan untuk istrahat sekitar jam 22.00 waktu setempat, makanya kita makan malamnya juga dilokasi dengan menu makanan Kayu Aiq Ritual Qhitan Adat.
Meriap

2.      Dihari yang kedua yaitu senin pagi tanggal  19 September 2016, Anda bisa pecking terlebih dahulu karena dilokasi kita sampai sore. Setelah sarapan kita langsung menuju lokasi untuk melihat bagaimana puncak acara atau Gawe Qhitan yang dilaksanakan secara adat Bayan sampai selesai sekitar jam 17.00. Makan siang dilokasi, dan pada sore hari kita langsung kepenginapan untuk mengambil barang bawaan Anda, dan langsung melanjutkan perjalanan atau agenda yang sudah Anda susun.

3.      Catatan, disela waktu kita bisa mengunjungi Masjid Beleq (Masjid Kuno), serta melihat kasil tenun Masyarakat Aadat Bayan termasuk proses pembuatannya.

Biaya Paket Wisata Ritual Qhitan Adat Bayan yaitu sebesar Rp. 700.000,- (Tujuh Ratus Ribu Rupiah) Per-orang.

Akomodasi
1. Air mineral Selama dilokasi
2. Penginapan (Rumah Adat Bayan)
3. Tiket masuk objek wisata
4. Guide Local
5. Dokumentasi
6. Makan  kali (hari pertama 2 kali, dan hari kedua 2 kali)
7. Pakaian ganti (Baju Adat) untuk ikut ritual Qhitan Adat
 
Tempat Tidur                                            
Penginapan Rumah Adat

No comments:

Post a Comment