Tuesday, July 19, 2016

Paket Wisata Tampah Wirang, 28 - 29 Juli 2016



Balai Pusaka Sebaya Tanta (Sekretariat)
Paket Wisata Budaya Acara Tampah Wirang Komunitas Adat Bayan (Kepembekelan Karang Bajo).
 
Tampah Wirang merupakan sebuah acara makan bersama 2 (dua) keluarga baru dari sebuah hubungan perkawinan atau pernikahan. Makan bersama ini dilakukan dikeluarga pihak perempuan, sementara bahan makanan disiapkan oleh pihak dari keluarga laki-laki, yang berupa sapi, besar, dan bahan makanan lainnya.

Dalam mengolah bahan makanan yang dibawa pihak laki-laki dilakukan oleh pihak keluarga perempuan, dan untuk penanggungjawabnya dari setiap pekerjaan tersebut ditentukan berdasarkan garis keturunan antara ayah dan ibu pengantin perempuan. Begitu adat dan budaya yang sampai saat ini masih dilakukan oleh Masyarakat Adat yang ada di Bayan memberikan pengaruh yang baik bagi hubungan silaturrahmi dan rasa social yang tinggi terhadap sesama dilingkungannya.


Penginapan Rumah Adat
Acara Tampah Wirang ini akan dilaksanakan pada hari Kamis sore tanggal 28 Juli 2016 sekitar jam 15.00 Wita sampai jam 22.00 Wita, di Dusun Pelabupati (Pihak Laki-laki), Desa Karang Bajo, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara .Pada hari yang kedua yaitu Jumat tanggal 29 Juli 2016 dimulai sekitar jam 09.00 Wita dimulai dengan keberangkatan semua pihak keluarga laki-laki kepada pihak keluarga perempuan yang ada di Dusun Sembulan, Desa Bayan, Kecamatan Bayan. Acara ini akan berakhir dengan acara makan bersama dua keluarga sekitar jam 17.00 Wita.

Berikut Rundown Acaranya :

1.    Pada hari Kamis tanggal 28 Juli 2016 sore, Anda tiba di Sebaya Tanta Karang Bajo - Bayan. Setibanya Anda di Sebaya Tanta akan dijamu dengan makan siang sambil kami menceritakan sekilas tentang Prosesi Tampah Wirang. Setelah makan siang kami akan membawa Anda ke lokasi penginapan Rumah Adat Bayan dan menyiapkan pakaian ganti (pakaian adat) dan langsung kita kelokasi dengan transportasi local yang jaraknya sekitar 1,5 Km dari penginapan untuk melihat bagaimana acara yang dilakukan oleh pihak laki-laki. Acara ini akan berakhir sekitar jam 22.00 Wita, sehingga kita akan makan malam dilokasi. Setelah acara selesai dihari pertama Anda bisa istirahat di Penginapan.

2.    Hari yang kedua, yaitu Jumat tanggal 29 Juli 2016, kami akan membawa Anda kembali kelokasi pihak laki-laki setelah sarapan. Sekitar jam 09.00 Wita kita akan berangkat bersama rombongan keluarga pihak laki-laki menuju keluarga perempuan. Dilokasi keluarga perempuan akan menikmati snek selama dua kali, makan bersama secara adat pada puncak acara, baru setelah itu kita kembali kelokasi penginapan dan makan malam.
Tempat Tidur

3.    Pada hari Sabtu tangga 30 Juli 2016, setelah sarapan Anda bisa meninggalkan lokasi Kami atau melanjutkan agenda selanjutnya.

Biaya Paket Wisata Tampah Wirang yaitu sebesar Rp. 950.000,- (Sembilan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) Per-orang.

Akomodasi
1. Air mineral Selama dilokasi
2. Penginapan (Rumah Adat Bayan)
3. Transportasi Lokal
4. Guide Local
5. Dokumentasi
6. Makan 6 kali (hari pertama 2 kali, hari kedua 3 kali, 1 kali)
7. Pakaian ganti (Baju Adat) untuk ikut acara Tampah Wirang
Toilet

No comments:

Post a Comment