Monday, September 7, 2015

JADWAL RITUAL ADAT BAYAN TAHUN 2016

Renadi, S. Pd
JADWAL RITUAL ADAT BAYAN TAHUN 2016
jetsbudaya.blogspot.com

Jadwal pelaksanaan Ritual Adat Bayan ini diambil dari Kalender Adat tahun 2016, yaitu Wariga Sereat Adat bayan, jadi setiap ritual adat tiap tahunnya sudah pasti dan tidak ada keraguan sedikitpun, karena disusun oleh semua tokoh adat yang sudah berpengalaman dan tahu secara pasti sesuai dengan hitungan tahun dan bulan (telo' ton det telo' ulan)

Tanggal 26 Mei 2016, Ritual Roah Ulan

Ritual Roah Ulan merupakan prosei adat untuk membersihkan bulan dalam satu tahun, karena masyarakat adat mengenggap bahwa dalam tiap bulan mesti ada kesalahan yang dilakukan oleh setiap manusia, dan untuk menyambut datangnya bulan suci yaitu bulan puasa (ramdhan) kita harus siap dengan keadaan bersih, baik manusianya maupun bulan-bulan yang telah kita lewati.

Tanggal 03 Juni 2016, Ritual Sampet Jumat

Sampet Jumat adalah prosesi adat yang dilaksanakan di Kampu Karang Bajo untuk menutup semua ritual adat selama bulan puasa, baik di dalam Kampu maupun di rumah-rumah masyarakat. Yang boleh dilakukan hanya ritual untuk padi, kelahiran, dan kematian.

Tanggal 09-10 Juli 2016, Lebaran Idul Fitri (Lebaran Tinggi)

Lebaran Tinggi merupakan prosesi yang dilakukan oleh masyarakat adat untuk memeriahkan kemenangan karena telah melakukan puasa selama satu bulan penuh, dan ritual ini pada puncak acaranya dilakukan di Masjid Kuno Bayan.

Tanggal 17 Juli 2016, Lebaran Ketupat

Lebaran Ketupat dilaksanakan juga oleh masyarakat adat, yaitu seminggu setelah lebaran tinggi (idul fitri).

Tanggal 15 - 16 September 2016, Lebaran Haji (Lebaran Pendek)

Seperti halnya pada masyarakat Islam umumnya melaksanakan Hari Raya Idul Adha, begitu juga dengan masyarakat adat, tetapi harinya yang berbeda. Lebaran Haji atau masyarakat adat menyebutnya dengan Lebaran Pendek ini dilaksanakan di Masjid Kuno pada puncak acaranya.

Tanggal 15 Oktober 2016, Bubur Petak (Putih)

Bubur Petak (putih) adalah ritual pembuatan bubur yang berwarna putih, acara ini dilaksnakan di areal Kampu Karang Bajo

Tanggal 12 November 2016, Bubur Abang (Merah)

Ritual pembuatan Bubur Abang (merah) yaitu suatu ritual adat yang dilaksnakan oleh komunitas adat Bayan.

Tanggal 14-15 Desember 2016, Maulid Nabi (Mulud Adat)

Maulid Nabi (mulud adat) dilaksnakan selama 2 hari, hari pertama tanggal 14 yaitu hari persiapan, dan tanggal 15 adalah puncak acara. Ritual ini dilakukan untuk memperingati Nabi Besar Muhammad SAW. Pada Mulud Adat ini, yang terlibat adalah 4 kepembekelan, yaitu Karang Bajo, Bayan Timur (Timuk Orong), Bayan Barat (Bat Orong), dan Loloan.

Informasi lebih lengkap hubungi :
1.    jetsbudaya@gmail.com
2.    Contact person 0819 1790 1440

No comments:

Post a Comment