Thursday, February 29, 2024

JAMBORE PEMUDA ADAT DAN FASILITATOR PENDIDIKAN ADAT REGION JAWA, BALI, NTB


Kegiatan Jambore dilaksanakan selama 2 hari yaitu sejak tanggal 23 sampai dengan 24 Desember 2023. Lokasi kegiatan merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Adat di Osing yaitu Pesinauan Adat Osing. 

Peserta yang diundang merupakan Pemuda Adat dan juga Fasilitator Sekolah Adat dari Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Barat, yang jumlah keseluruhan yaitu sekitar 26 orang, tetapi karena ada beberapa kendala terdapat 3 orang berhalangan.

Tujuan dari pertemuan Jambora 3 pulau bertujuan untuk Ajang tegur sapa antara Pemuda Adat dan juga Fasilitator Pendidikan Adat Region Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat. Tujuan berikutnya yaitu pembangunan jaringan kerja yang lebih solid diantara penyelenggara pendidikan adat. Sebagai sarana, berbagi praktik baik tentang penyelenggaraan pendidikan adat yang efektif dan efesien berdasarkan karakter wilayah masing-masing. Tujuan terakhir ialah Ruang belajar Knowledge management dan database Sekolah Adat di bawah AMAN ddan YP-MAN.

Kegiatan terselenggara berkat AMAN melalui badan otonomnya yang mengurusi pendidikan adat, yaitu Yayasan Pendidikan Masyarakat Adat Nusantara yang disingkat YP-MAN. 

Hasil kegiatan merupakan usulan program dari setiap wilayah yang berhubungan dengan kebutuhan Komunitas Adat terkait Sekolah Adat atau Pendidikan Adat.


No comments:

Post a Comment